PENGERTIAN MULTIMEDIA

Istilah multimedia sering didengar dikalangan masyarakat umum. Mulai dari tv multimedia, laptop multimedia, smartphone multimedia, sound system multimedia. Kemudian istilah mulai berkembang menjadi Digital Multimedia.

Seiring berkembangnya teknologi komputer, mobile, dan internet mendorong multimedia mulai banyak diproses dengan komputer.

Multimedia terdiri dari dua kata yaitu multi dan media. Multi artinya bisa lebih dari satu sedangkan media merupakan sarana untuk menampilkan atau mendistribusikan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, musik, dan lain-lain.

Aplikasi multimedia yang menarik banyak terlihat di tempat hiburan maupun bidang pendidikan. Anak-anak sejak dini sudah mulai mengenal aplikasi multimedia melalui smartphone atau iPad. Atau menonton film animasi yang tidak hanya diminati anak-anak termasuk juga orang tua. Kebutuhan akan aplikasi multimedia yang semakin menarik dan kreatif mendorong banyak yang ingin juga berkontribusi dalam bidang multimedia.

Hal ini terjadi juga di Indonesia. Sudah ada aplikasi multimedia yang dibuat oleh bangsa sendiri. Namun belum sebanyak jumlah pengguna multimedia di Indonesia.

Hal ini ada kemungkinan dikarenakan terbatasnya buku yang menjadi panduan dalam multimedia. Buku dalam bahasa Indonesia masih belum banyak yang membahas dengan detail mengenai multimedia dan cara membuat aplikasi multimedia.