Pengertian dan Fungsi VideoScribe Sparkol


Pengertian dan Fungsi Videoscribe Sparkol
Berbagai jenis dan bentuk penyajian sebuah presentasi untuk menjelaskan atau mempromosikan suatu produk atau jasa dibuat semenarik mungkin dengan berbagai aplikasi yang ada. Presentasi adalahtujuan dari sebuah usaha untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada khalayak ramai, keberhasilan presentasi di pengaruhi oleh jenis dan bentuk presentasi yang digunakan.
Umumnya presentasi menggunakan power point menjadi pilihan, sementara dengan laju perkembangan teknologi, ketertarikan seseorang terhadap media gambar saja terus menurun, sehingga si pembuat presentasi harus dapat menyajikan bentuk presentasi yang lebih unik. Nah, pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan tentang jenis presentasi  Videoscribe dengan aplikasi Sparkol (animation whiteboard ).

Pengertian Videoscribe

Apa itu videoscribe ?
Videoscribe adalah sebuah program aplikasi atau software yang dapat dipergunakan untuk membuat presentasi video , dengan animasi tangan bergerak pada sebuah papan atau white board. Animasi tangan ini dapat seirama dengan objek berupa teks atau gambar yang ditampilkan pada layar, sehingga bila dilihat seperti tangan sipembuat sendiri yang melakukannya. Keunikan dari videoscribe terletak pada penjelasan suatu topik dengan media gambar dan tulisan yang ditulis atau digambar.

Sejarah VideoScribe
Videoscribe diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 2012 oleh perusahaan di Inggris dengan aplikasi Sparkol , setahun peluncuran program aplikasi ini mendapatkan penerimaan yang cukup baik dengan jumlah pengguna mencapai 100.000 orang. Untuk mendapatkan program sparkol trial selama satu minggu, dapat mengunjungi di situs resminya di https://www.videoscribe.co

Fungsi Sparkol Videoscribe
Fungsi dari Sparkol Videoscribe adalah untuk membuat presentasi video animasi dengan tangan bergerak menulis atau menggambar sesuatu yang ada di layar, layaknya seperti seseorang menjelaskan secara langsung pada papan tulis, sehingga biasanya dikenal dengan istilah lain yaitu "Whiteboard Animation for Dreating Hand Draw". Sparkol videoscribe digunakan bukan hanya untuk masalah bisnis, namun juga banyak digunakan sebagai media pembelajaran siswa di sekolah, menurut survey 88% videoscribe mampu meningkatkan prestasi siswa, karena siswa lebih tertarik melihat video animasi whiteboard , dibandingkan dengan seorang guru menjelaskan secara audio dan visual di papan tulis sebenarnya.

Fitur Fitur Sparkol Videoscribe
Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi Sparkol Videoscribe diantaranya adalah :
  1. Memiliki ribuan gambar yang dapat dipilih, sehingga tidak perlu menggambar atau menjadi seorang seniman, dapat juga mengolahnya dengan format gambar .SVG pada aplikasi lain.
  2. Memasukan musik sebagai backsound dari sparkol maupun musik pilihan sendiri.
  3. Dapat mengatur durasi video yang diinginkan dengan menentukan waktu setiap objek.
  4. Dapat di publish atau dibuat pada jenis file .mp4, .wav atau membagikan langsung ke jejaring sosial seperti facebook, youtube dan sho.co.
Kegunaan Sparkol Videoscribe
kegunaan apa saja bila kita mencoba software ini adalah sebagai berikut :

  1. Videoscribe bisa digunakan untuk keperluan bisnis online. Ide marketing bisa diaplikasikan lewat videoscribe
  2. Videoscribe bisa digunakan untuk pendidik/Guru atau Dosen sebagai pengantar pembelajaran
  3. Videoscribe untuk presentasi keperluan anda.
  4. Menunjukan kemampuan berpikir dan mengkombinasikannya melewati video animasi.
  5. Dan masih banyak lagi eksperimen-eksperimen yang bisa kita gunakan dengan software ini
Cara Menggunakan Sparkol Videoscribe
Setelah saya menjelaskan pengertian dan kegunaan Sparkol Videosribe, selanjutnya saya akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana cara mengoperasikan atau menggunakan Videosribe tersebut.

  1. Pertama, Buka terlebih dahulu aplikasi sparkol
  2. lakukan login dengan email anda, dan pastikan email anda aktif kemudian klik start scribing yang terletak disebelah kiri bawah.
  3. Setelah berhasil masuk, maka akan muncul bagan kerja awal dari lembar kerja aktif sparkol. Kemudian, untuk menghilangkan tulisan yang ada pada lembar kerja tersebut, cukup lakukan klik secara sembarang, maka tulisan itu akan hilang dengan sendirinya.
  4. Didalam sparkol terdapat beberapa menu, dimana masing-masing dari menu tersebut memiliki fungsi tersendiri. Yang pertama, ada menu yang mirip dengan gambar pensil yang terletak di pojok kiri atas, didalam menu tersebut berisi sub menu didalamnya antara lain Favotite, Computer, Library, Dropbox, dan wrb URL. Menu bergambar pensil ini digunakan untuk menambahkan gambar yang sudah ada di komputer anda untuk dimasukan kedalam project anda.
  5. Selanjutnya disebelah menu bergambar pensil, terdapat menu yang menyerupai huruf T besar. Menu tersebut digunakan untuk menginput kata atau teks yang ingin kita masukan. Atau bisa dibilang itu adalah lembar kerja dari sparkol itu sendiri.
  6. Setelah itu terdapat menu yang menyerupai gambar nada. Menu tersebut digunakan untuk memasukan musik yang ingin anda gunakan. Namun perlu diketahui bahwa sparkol sendiri juga memiliki musik original yang cukup mumpuni untuk anda gunakan didalam project anda.
  7. Selain itu ada juga menu recorder, dimana menu tersebut digunakan untuk menginput rekaman atau musik suara rekaman untuk dimasukan ke dalam project yang akan kita buat.
  8. Dan yang terakhir ada Menu Setting (Pengaturan). Didalam menu ini terdapat fitur-fitur yang cukup mendukung untuk kerja kita. Jadi, fungsi dari menu ini ialah untuk mengganti animasi tangan bergerak dan juga paper atau lembar kerja kita.
  9. Apabila kita ingin menyimpan sebuah video yang telah kita buat, cukup lakukan klik Create and Share this Video pada bagian kanan atas jendela kerja sparkol. Selesai deh…….
Cara Meng-Upload Video ke Youtube
Youtube merupakan layanan berbagi video terbesar yang dimiliki oleh Google. Dengan adanya Youtube ini, kita bisa berbagi video kepada orang banyak. Berikut ini adalah langkah-langkah mengupload atau memasukan video ke youtube.
  1. Pastikan kita sudah memiliki akun Google/Gmail. Jika sudah memiliki, lakukan login menggunakan akun tersebut.
  2. Jika sudah login, langsung saja buka situs Youtube
  3. Setelah berada di halaman awal Youtube, klik Upload.
  4. Kemudian pilih tombol merah untuk memilih video yang akan di upload
  5. Pilih filenya, video mana yang akan anda upload kemudian klik open.
  6. Setelah memilih video, maka proses upload akan dimulai.
  7. Jika proses upload telah 100%, klik publish
  8. Kita akan diberi konfirmasi berupa link dari video tersebut. Klik link tersebut untuk melihat video yang kita upload tadi di youtube. Video telah berhasil diupload ke youtube.

                                                                        
Cara  mudah Instal Sparkol VideoScribe Offline 
1.        Install “VideoScribe.msi” sampai selesai dan keluar dari proses instalasi.



2.       Buka folder :
Untuk 64-bit = C:\Program Files (x86)\Sparkol\Sparkol VideoScribe\
Untuk  32-bit = C:\Program Files\Sparkol\Sparkol VideoScribe\
3.       Hapus file “VideoScribeBin”.
4.     Selanjutnya buka folder crack yang ada di dalam rar.
5.     Copy “VideoScribeBin” (yang ada di folder rar) di dalam :
Untuk 64-bit = C:\Program Files (x86)\Sparkol\Sparkol VideoScribe\
Untuk 32-bit = C:\Program Files\Sparkol\Sparkol VideoScribe
6.      Jika sudah, buka aplikasi sparkol videoscribe, lalu check list “Remember Me” ketika login (untuk mendapat mode offline).
7.       Dan selesai, selamat, anda telah berhasil menggunakan software sparkol